+62251 8312928 info@wocare.org

No products in the cart.


Aktivitas Fisik untuk Diabetesi

3October 2018
by Pipit Lestari

 

 

“Your Body Designed to be active, If you don’t want to lose it then use it ! ” -unknown-

Tahukah kamu ? Aktivitas fisik membantu Anda untuk mengontrol gula darah. Saat Anda aktif bergerak tubuh akan membentuk energy dari gula yang ada dalam darah. Aktivitas fisik atau olahraga rutin dapat membantu Anda mengontrol gula darah. Tidak perlu berpikir berat,  Anda dapat melakukan aktivitas fisik dari hal yang paling mudah dan Anda sukai. berikut ini contoh aktivitas fisik yang mudah untuk dilakukan.

  1. Senam kaki diabetes (check videonya di sini ): Senam kaki diabetes adalah olahraga yang paling dianjurkan loh! Senam ini membantu menjaga kesehatan kaki Anda,  kaki pada orang diabetes sangat rentan mengalami permasalahan seperti neuropati sampai luka kaki yang sukar sembuh.  Olaharaga ini sangat mudah dilakukan kapanpun dan di manapun.
  2. Jogging, olahraga ini sangat mudah dilakukan. Lakukanlah minimal 2- 3 kali seminggu selama 30 menit
  3. Jalan Santai, jalan kaki merupakan olahraga yang dapat Anda alkukan apabila Anda memiliki keterbatasan bergerak atau memiliki masalah kesehatan lain.
  4. Renang

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat Olahraga adalah

  • Periksa gula darah sebelum berolahraga, setiap 30 menit selama latihan berat, dan setelah berolahraga. Hal ini untuk mengetahui apakah Anda membutuhkan asupan makanan lebih atau tidak.
  • Kenakan gelang atau kalung identifikasi (ID).
  • Apabila Anda melakukan olahraga dan memiliki pelatih. Pastikan pelatih tahu tentang gula darah rendah dan bagaimana mengobatinya
  • Hindari suntikan insulin ke dalam sebuah area yang akan aktif terlibat dalam latihan.
  • Efek menurunkan gula darah yang terkait dengan olahraga dapat berlangsung hingga 24 jam. Periksa gula darah pada jam 2 pagi jika gula darah sebelum tidur kurang dari 120.
  • JANGAN berolahraga jika Anda mamiliki kadar keton dalam darah yang tinggi.
  • Olahraga dapat dilakukan selaa 30 menit setiap hari di waktu yang sama.
  • Selalu sediakan snack atau permen saat berolahraga untuk pertolongan pertama apabila gula darah Anda turun drastic (kenali tanda dan gejala hipoglikemi)

 

Author: Ns. Pipit Lestari, S.Kep

Please follow and like us:
Blogs